Sabtu, 28 November 2015

Cara membuat laptop bisa bicara saat dinyalakan

Cara membuat komputer/laptop bisa bicara saat dinyalakan. Dengan membuat file format vbs, anda dapat membuat komputer atau laptop anda bisa berbicara saat dinyalakan (start-up windows). Bahasa yang digunakan dengan bahasa inggris, namun dengan sedikit kreatifitas, anda juga bisa membuat suara seperti bahasa Indonesia. Mau tau caranya, berikut cara membuat laptop bisa bicara saat dinyalakan.

Cara membuat laptop bisa bicara saat dinyalakan adalah dengan membuat file bernama welcome.vbs. File ini harus anda pasang di sistem windows anda yaitu di startup, lalu dimana tempatnya silakan lihat dipenjelasan berikut untuk membuat laptop bisa bicara saat dinyalakan.

Cara membuat file .vbs:

Silakan buka notepad, kemudian copy  paste kode berikut, kode warna merah adalah kata/sapaan yang ingin anda buat, silakan anda ganti sesuai keinginan.

Dim speaks, speech
speaks="Hi Mrs Andien, Welcome to My World"
Set speech=CreateObject("sapi.spvoice")
speech.Speak speaks



Catatan: Sangat anda mengcopy kode diatas, lalu paste di notepad mungkin ada kalimat seperti ini dibelakang speaks  - See more at: http://bencahalay.blogspot.co.id/2015/11/cara-membuat-laptop-bisa-bicara-saat.html#sthash.FqLrqpUL.dpuf  silakan anda hapus kalimat warna pink tersebut, hingga menjadi seperti diatas.

Setelah itu, anda simpan file tersebut dengan nama welcome.vbs (lebih jelasnya, anda tulis di file name: welcome.vbs), seperti gambar berikut. Boleh anda simpan di my documents, destop, dll.



Nah, jika anda ingin membuat logat seperti bahasa indonesia, anda bisa ber-eksperiment (dengan akal-akalan) mengganti kata-kata tsb, dengan tulisan gaya bahasa inggris namun jika diucapkan bisa seperti bahasa indonesia.

Untuk mengganti, anda bisa edit dengan klik kanan file welcome.vbs --> Edit. (setelah diganti, klik file --> save) lalu untuk mencoba mendengarkannya tinggal doble klik file tersebut.

Berikut sekedar contoh kata/kalimat akal-akalan yang saya buat:

Dim speaks, speech
speaks="Hello, say lumbmud dutch tunk, dee computer must tree, sing by goes dayway"
Set speech=CreateObject("sapi.spvoice")
speech.Speak speaks

Yang jika dibuka file diatas akan berbunyi seperti ini: helo, selamat datang di komputer mas tri, sing bagus dewe.

Selanjutnya setelah anda selesai membuat file .vbs, selanjutnya adalah memasang kode tersebut di sistem anda. Caranya, copy-paste file welcome.vbs tersebut ke bagian berikut:

C:\Users\musttrie\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup

Note: bagi yang belum tahu, caranya silakan klik di Local Disk (C:) --> dobel klik Users --> nama user anda --> AppData--> Roaming --> Microsoft --> Windows --> Start Menu --> Programs --> Startup.  (silakan Anda paste-kan file tersebut di dalam folder Startup)

Untuk Windows XP, bisa anda cari di C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup.

Tetapi trik ini tidak seratus persen berjalan di semua PC /laptop, terutama jika tidak memiliki driver audio yang compatible atau ada faktor masalah lain di PC anda. Sekian informasi cara Cara membuat laptop bisa bicara saat dinyalakan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar