Rabu, 02 Desember 2015

Menyalakan Notifikasi-Alarm baterai kritis/habis pada laptop

Mengaktifkan alarm power baterai kritis atau hampir habis pada Laptop. Masuk ke Local Group Policy untuk melakukan konfigurasi power management lengkap. Alarm power baterai kritis akan menyala saat tinggal beberapa persen. Anda juga bisa mengatur opsi lain  saat mengaktifkan alarm power baterai kritis atau hampir habis pada Laptop.

Cara mengaktifkan notifikasi/alarm saat power baterai kritis/hampir habis pada Laptop ada beberapa tahap. Anda harus masuk ke Local Group Policy di laptop dn melakukan perubahan konfigurasi pada bagian power management. Nah, untuk langkah cara mengaktifkan alarm saat power baterai kritis/hampir habis pada Laptop silakan anda ikuti langkah ini.

1. Buka RUN (tekan: logo windows + R), lalu ketik gpedit.msc lalu OK.

2. (Doble klik) --> Computer Configuration > Administrative Template > System > Power management > Notification settings

3. Di sebelah kanan, doble klik pada nama setting yang ada lalu ubah menjadi Enable dan isikan value-pengaturannya. Untuk Turn Off Low Battery User Notification dan Reserve Battery Notification Level jangan dirubah, biarkan saja!

Sebagai contoh adalah seperti berikut:

Critical Battery Notification Action
Untuk mengaturnya klik Enable, lalu pada options tentukan pilihan yang anda inginkan > Apply > OK. Pada pilihan ini akan mengatur seperti ini, misal anda memilih opsi shutdown pada bagian Critical Battery Notification Action, maka jika laptop dalam kondisi baterai kritis, maka laptop akan dimatikan.


Demikian juga pada Low Battery Notification Action, adalah untuk menentukan pilihan seperti diatas, yaitu shutdown, sleep atau lainnya, bedanya di parameter kondisi baterai yaitu Low  atau Critical. Ini juga untuk mengatur alarm bertingkat kondisi battery, misal 10% pada kondisi Low dan 5% pada Critical.

Contoh kasusnya seperti ini. Jika anda mengatur Low battery level misal pada 10% dengan pilihan Low Battery Notification ke Sleep, maka yang akan terjadi adalah laptop akan di sleep pada kondisi battery 10%.

Dan jika anda juga mengatur critical battery level, misal pada 5% dengan pilihan Critical Battery Notification ke Shutdown, maka setelah battery tinggal 5% saja, laptop akan di shutdown.


Jika pada bagian...Battery Notification action anda pilih Take no action, maka laptop tidak akan melakukan apa-apa, hanya alarm/notifikasi saja yang muncul (kritis/low).

Penjelasan parameter diatas:
Critical Battery Notification Level: menentukan prosentase baterai dalam kondisi kritis, misal jika anda isi dengan value 5%, maka setelah baterai tingggal 5%, maka laptop akan masuk ke kondisi kritis. Pada posisi ini, sistem akan menjalankan perintah sesuai yang anda masukkan di Critical Battery Notification Action tadi (Take no action/shutdown/sleep, dll)

Demikian halnya dengan Low Battery Notification Level akan menjalankan perintah seperti yang dimasukkan ke Low Battery Notification Action sebelumnya.

Agar alarm juga muncul saat kondisi kritis, maka pastikan juga fungsi system sounds (driver audio) anda berjalan aktif, jika tidak maka fungsi alarm biasanya tidak akan menyala. Anda bisa test dengan klik icon speaker (kanan bawah) > mixer > system sounds > pilih tab sounds.



Sekian informasi cara mengaktifkan alarm saat power baterai kritis/hampir habis pada Laptop yang bisa saya sampaikan, Semoga bermanfaat dan sukses untuk anda.

1 komentar: