Kamis, 04 Februari 2016

Flashdisk minta diformat, apa penyebabnya?

Saat membuka flashdisk muncul peringatan minta diformat. Untuk mengatasi masalah Flashdisk minta diformat waktu dibuka, sebagai langkah awal anda bisa gunakan beberapa tips cara mengatasi peringatan Flashdisk minta diformat seperti berikut ini. Jika belum mengalami kerusakan parah, hal ini masih bisa anda perbaiki. Simak trik berikut cara mengatasi peringatan Flashdisk yang minta diformat.

Cara mengatasi Flashdisk minta diformat ini juga bisa membantu anda untuk menyelamatkan data yang tersimpan didalamnya, dengan syarat jika hanya terjadi error pada FD bukan kerusakan parah. Nah, untuk mengecek hal tersebut, silakan anda coba beberapa langkah berikut ini yaitu menggunakan cmd dan Error checking windows tool. Simak dan silakan ikuti cara mengatasi Flashdisk minta diformat dengan benar.

Langkah pertama menggunakan cmd (Command Prompt):

1. Buka Command Prompt (tekan tombol Windows + R) lalu ketikan cmd kemudian tekan enter.

2. Cari posisi dimana drive FD anda terbaca, sebagai contoh misal di J.

3. Ketikkan CHKDSK J:  untuk menjalankan  check dalam mode read-only. Ini hanya untuk cek apakah terjadi error atau tidak.

4. Untuk memperbaikinya, anda ketik perintah berikut:

Ketikkan perintah: CHKDSK J:/
Perintah tersebut digunakan untuk merepair error tanpa melakukan scanning bad sector.

Ketikkan perintah: CHKDSK J:/R
Perintah tersebut digunakan untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data.

Jika ingin menampilkan option apa saja, silakan ketikan perintah help dengan cara ketik perintah : CHKDSK /?

Apabila saat menjalankan perintah  CHKDSK   lalu muncul tulisan seperti ini "Access Denied as you do not have sufficient previlages. You have to invoke this utility running in eleveted mode." Ini disebabkan tidak diijinkan oleh admin, maka anda harus menjalankan perintah ulang command prompt dengan menggunakan akses sebagai Administrator (Run as Administrator), caranya klik Start > All programs > Accessories > (klik kanan cmd, pilih Run as Administrator).

Langkah kedua menggunakan Error Checking Windows Tool.

1. Buka Windows Explorer (tekan tombol Windows + E).

2. Cari dimana posisi drive FD Anda terbaca, lalu klik kanan pada drive FD anda lalu pilih properties.

3. Akan muncul jendela properties, lalu klik pada tab tool (bagian atas) selanjutnya pada bagian Error checking, klik tombol check now…yang ada disebelahnya.

4. Paja jendela yang muncul, centang kedua box yang ada, lalu klik Start. Tunggu hingga proses scanning error selesai.

Menggunakan bantuan software

Anda juga bisa menggunakan bantuan software untuk trik ini. Dengan bantuan software mungkin akan lebih bagus lagi, karena kemungkinan File  anda masih bisa dikembalikan dengan utuh..

Nah untuk trik ini silakan anda cari di google banyak sekali, yang sesuai type OS anda, Seperti ICare data Recovery Profesional, Get Data Back, Recuva dll.

Cara mengatasi error dengan chkdsk bisa berlaku untuk Flashdisk maupun harddisk. Demikian yang bisa saya sampaikan untuk tips lainnya silakan anda kunjungi (klik) banner gambar diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar