Jumat, 18 September 2015

Trik membuat efek glassy pada tulisan dengan photoshop.

Trik lain, cara membuat tulisan dengan efek glassy yang indah menggunakan adobe photoshop. Anda bisa lihat contoh gambar berikut untuk efek glassy text yang dibuat dengan photoshop. Bagaimana cara membuatnya, trik berikut menjelaskan tentang cara membuat tulisan indah dengan efek glassy.

Banyak trik untuk membuat tulisan indah dengan efek glassy, transparent, seperti air dan sebagainya. Dengan beberapa trik yang ada diblog saya ini, bisa menjadi contoh anda dalam membuat efek-efek text yang lain. Nah, sekarang kita akan mencoba membuat efek glassy seperti cara berikut ini.

Untuk mempermudah dalam belajar, silakan buat sama semua langkah yang ada di trik ini dengan tujuan agar lebih mudah dan jelas. Setelah berhasil, silakan buat sesuai keinginan anda. Langkah pertama buat canvas kerja baru (file > new) dengan ukuran 900×1200 px.


Duplicate Background layer (ctrl+J), kemudian doble klik di layer hasil duplicate tadi, maka muncul Layer Style, dan tambahkan efek Gradient Overlay seperti gambar berikut.


Merubah gradient warna Editornya seperti gambar ini lalu OK.


Hasilnya Background akan tampak seperti gambar berikut.


Buat layer baru (Create a new layer) kemudian set warna background menjadi hitam dan foreground putih.


Klik menu Filter > Render > Clouds. Rubah blending mode dari normal ke Overlay dan  opacity 50%.

Buat layer baru (Create a new layer). Kemudian klik Horizontal Type Tool (T) gunakan  font Cooper Std. Size 230 pt, selanjutnya ketik huruf B di canvas.


Double klik di layer text B, untuk membuka Layer Style dan buat pengaturan sbb:







Hasil setelah semua layer style efek ditambahkan.


Sekarang duplicate layer B, dengan cara tekan (Ctrl+J) maka akan muncul B copy diatasnya, selanjutnya masih di layer B copy, doble klik di indicates text layer-nya (huruf T) disebelahnya.

Anda lihat di canvas kerja, pada huruf B akan muncul blok. Selanjutnya langsung ketik huruf berikutnya di huruf B yang di blok tersebut, dalam contoh saya pakai huruf L.

Kemudian klik move tool, maka akan muncul kotak transform, lalu klik & drag kesamping, caranya agar tetap lurus klik dulu di huruf L (tahan), lalu tekan Shift, sambil ditahan juga lalu drag kesamping, lalu lepas, hasilnya seperti ini.


Selanjutnya lakukan duplicate lagi, kali ini di layer L (Ctrl+J), maka akan muncul layer L copy diatasnya. Doble klik di (T) pada layer L copy tersebut, dan setelah muncul blok di Huruf L pada canvas, langsung ketik huruf berikutnya, klik move tool lagi dan drag kesamping. Lakukan hal yang sama untuk huruf-huruf berikutnya, sampai selesai.


Apabila posisi huruf kurang pas anda bisa drag lagi hurufnya satu persatu dengan cara klik dulu di masing-masing layer yang akan digeser, klik move tool lalu geser.

Duplicate semua layer teks yang ada (layer B, L, E, S, S). Caranya Klik di layer B, kemudian tekan tombol Ctrl (sambil ditahan) lalu klik di layer L, E, S, S lalu tekan (Ctrl+J) untuk proses duplikasi. Selanjutnya dalam kondisi semua layer hasil copy tadi terseleksi (terblok), kemudian klik menu layer > merge layers.

Pastikan masih di posisi layer yang telah di merge baru saja, lalu klik move tool, hingga muncul kotak transform. Sekarang drag kebawah hingga posisinya tepat berada dibawah layer aslinya. Untuk membalik huruf, klik menu Edit > transform > flip vertical hingga gambar tampak seperti berikut ini.


Selanjutnya gunakan Erase tool (15%) saja lalu hapus bagian bawah untuk menyamarkan dan  membentuk bayangan. Gunakan brush soft (gambar kuas melebar) dan lakukan berulang-ulang.

Agar tampak lebih riil tambahkan efek light dengan brush assorted brushes (mungkin anda harus install dulu) jika tidak ada. Terakhir merge semua layer (layer > merge visible) dan simpan.

HASIL
Trik photoshop berikutnya ada disini.

Mungkin anda bisa membuat yang lebih OK lagi, selamat bekerja dan sukses. Sekian trik membuat tulisan indah dengan efek glassy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar