Selasa, 09 Mei 2017

Diagnosa & Ciri-Ciri VGA Rusak Laptop/komputer

Tips cara diagnosa, melihat ciri ciri VGA rusak pada laptop/komputer. Bagaimana menganalisa dan mengetahui ciri ciri kerusakan VGA pada laptop sebagai langkah awal mencari solusi memperbaiki kerusakan yang terjadi. Ada beberapa tanda tanda awal yang bisa anda perhatikan untuk melihat apakah ada gangguan/kerusakan pada VGA dengan mengetahui ciri ciri yang saya sebutkan seperti di bawah ini, diagnosa & ciri ciri VGA rusak pada laptop.

Diagnosa ciri ciri VGA rusak pada laptop/komputer. VGA (Video Graphic Adapter) merupakan salah satu komponen penting dalam perangkat komputer yang bertugas memproses informasi data untuk bisa ditampilkan secara visual pada layar monitor. Kualitas VGA yang bagus akan menghasilkan gambar visual yang lebih bagus juga. Analisa kasus mungkin bisa anda pelajari dari beberapa contoh dan urain yang saya sampaikan berikut ini. Kondisi ini pernah saya alami dan ternyata memang benar, VGA laptop saya yang rusak dan harus diganti. Berikut kasus yang sering terjadi.

KASUS I
Saat kita menekan tombol power, lampu indikator power menyala, lampu indikator hard disk drive menyala, lampu indikator pada keyboard juga menyala dan kipas pendingin processor bisa berputar.

Namun layar monitor mati total, tidak menampilkan apapun (hanya layar hitam) bahkan tidak bisa menampilan BIOS (Set-up & boot option tidak muncul), jadi benar benar hanya layar hitam kosong.

Anda bisa cek di VGA Card (jika menggunakan VGA Card atau add on VGA), matikan perangkat/laptopnya lalu coba lepas VGA Card, kemudian pasang kembali dan pastikan posisi terpasang tepat.

Coba test nyalakan perangkat, jika VGA Card sudah terpasang dengan baik namun masih tetap mengalami gejala seperti diatas, ada kemungkinan VGA Card yang terpasang konflik dengan VGA OnBoard pada motherboard, terutama pada drivernya.

Opsi berikutnya, Anda bisa coba men-disable fungsi VGA OnBoard melalui menu BIOS(rubah settingnya). Jika VGA Card terpasang dan VGA OnBoard di-disabled, kondisi masih sama, ada kemungkinan slot VGA Card atau mungkin VGA Card-nya sudah rusak.

Lakukan hal sebaliknya lepas VGA card dan coba nyalakan apakah ada kondisi yang berbeda dengan sebelumnya (untuk kasus yang menggunakan doble VGA).

Selain masalah VGA kerusakan diatas bisa juga disebabkan oleh RAM yang rusak, processor rusak, atau BIOS yang rusak (korupt) karena gejala awalnya sama, komputer tidak dapat masuk bahkan ke BIOS sekalipun.

Jika memungkinkan, untuk cek kondisi RAM, anda bisa coba mengganti atau memasang ke perangkat lain,apakah bekerja atau tidak.

KASUS II
Kondisi kedua komputer masih bisa menyala, monitor menampilkan logo atau teks dan BIOS jug tampil, namun BIOS tidak berfungsi dengan baik, blank atau masih bisa nyala tapi tidak normal, atau mungkin beberapa saat kemudian muncul layar biru dengan muncul tulisan tertentu.

Analisanya, Kondisi ini juga bisa disebabkan karena terjadi masalah (konflik) driver VGA Card, mungkin belum terinstal sempurna atau mungkin bentrok dengan driver VGA Card lain (cek apakah ada dua driver VGAdisana (lihat di Device manager > Display adapter) uninstall kemudian re-install driver VGA Card atau mungkin disable dulu salah satu yang anda curigai bermasalah (biasanya driver VGA untuk game).

Kemungkinan lain, VGA Card telah over-clock sehingga motherboard mengalami kelebihan beban (khususnya chipset dan slot PCI/PCI Express) sehingga Anda harus mengembalikan clock ke posisi default.

Sebaiknya gunakan driver VGA Card sesuai sistem operasi Windows, termasuk arsitektur processor-nya (32bit atau 64bit).

KASUS III
Komputer menyala dan VGA Card bisa bekerja namun tidak sempurna, resolusi tidak mencapai ukuran maksimal (misal jika seharusnya monitor mencapai di 1360×768), namun tidak bisa lebih. Pastikan spesifikasi monitornya jelas sebelum menarik kesimpulan bahwa VGA yang rusak atau drivernya.

KASUS IV
VGA mengalami kerusakan artefak, cirinya tampilan layar monitor muncul garis-garis bertekstur atau  gambar titik-garis bermacam-macam. Kondisi ini kemungkinan monitor masih dalam keadaan baik, namun VGA Card bermasalah.

Ciri lain untuk gangguan VGA adalah komputer sering not responding, cursor menjadi berat saat bergeser atau monitor tiba-tiba mati dan menyala dengan sendirinya padahal komputer dalam kondisi masih hidup.

Adanya artefact (kesalahan gambar/display) karena ada masalah dengan kartu Graphics/VGA bisa disebabkan oleh Hardwarenya (VGA) ataupun software/drivernya.

Jika artefact sudah muncul sebelum masuk OS/masih di BIOS, maka bisa dipastikan hal ini terjadi bukan karena driver/software.

Jika artefact hanya muncul dalam salah satu program, ada kemungkinan terjadi konflik dengan program/software tersebut. Jika artifact muncul dalam beberapa program, ada kemungkinan terjadi masalah pada driver atau hardware.

Tetapi jika artefact muncul setelah Operating Sistem terbuka, maka hal pertama yang perlu dicoba adalah uninstal driver VGA lalu instal lagi. Jika belum berhasil bisa mencoba ganti Chipset motherboard (jika ada).

Panas berlebih (Overheating) adalah penyebab utama VGA artefact, pastikan kipas pendingin VGA bekerja secara normal. Jika artefact terjadi setelah beberapa saat bermain game, kemungkinan besar akibat pengaruh overheating saja.

Overclock VGA juga dapat menyebabkan artefact dan membuat kerusakan secara kumulatif (menumpuk) yang akhirnya menyebabkan kerusakan permanent. Segera ubah kesetingan default laginuntuk mengurangi kerusakan kumulatif.

Tetapi, terkadang artefact bisa juga disebabkan karena kerusakan monitor atau port output VGA, muncul garis-garis atau titik dilayar. Anda bisa mencoba dengan menghubungkan ke monitor lain.

Kemungkinan lain adalah Artefact Memory RAM Video (memory gagal mentransfer data yang diterima. Video memory berfungsi menyimpan salinan gambar yang telah terproses (Frame Buffer) jika frame yang  tersimpan didalam memory rusak, maka akan terjadi artifact.

Untuk kasus tertentu Artifact bisa terjadi akibat unexpected spike dengan ciri terjadinya delay misalnya bagian objek lain bergerak (berfungsi) sementara objek lainnya hanya diam.
Biasanya video memory langsung terintegrasi dengan board VGA, jadi jika rusak harus ganti VGA.

Muncul garis di logo pada layar laptop, Windows tak dapat loading. Kondisi yang sama nampak saat menggunakan monitor eksternal (adanya kegagalan pada video card), Bsa dicoba dengan cabut dan pasang ulang kabelnya.

Kesimpulan ciri-ciri VGA rusak:
Monitor mati total tidak menampilkan apapun (layar hitam), bahkan BIOS tidak bisa diakses.
Mungkin masih dapat masuk ke BIOS namun VGA tidak berfungsi setelah masuk ke sistem operasi.

Resolusi tidak mencapai maksimal, kualitas warna (color quality) control.
Terdapat artefak pada tampilan layar monitor, terasa berat, cursor sering diam (nggak respond), windows sering not responding.

Demikian uraian singkat menganalisa melihat ciri ciri VGA rusak pada laptop/komputer yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan membantu anda.

ARTIKEL TIPS KOMPUTER:
Cara-atasi-memory-card-corrupt-write
cara-instal-net-framework-45-windows-7
cara-merubah-windows-xp-menjadi-genuine
cara-upload-pdf-atau-file-officce-ke google
cara-download-video-youtube-ke-mp3
cara ganti-uninstal-microsoft-office total
cara-upgrade/flashing-os Blackberry
atasi-tv-warna-belang-belang-seperti pelangi
atasi-tidak-bisa-download-file-ziddu
atasi-windows-media-player-tidak-bisa play
atasi-error-code-0x80070437-firewall
cara-aman-memformat-flashdisk-melalui cmd
cara-atasi-registry-editing-has-been
cara-atasi-video-yang-tidak-pas-dengan suara
cara-backup-dan-restore-kontak-telepon via mobogenie
cara-beli-aplikasi-android-pakai-pulsa indosat
cara-block-situs-di-komputer-mudah aman
cara-burn-file-iso-ke-cddvd-dengan-nero
cara-cek-kuota-internet-xl-smartfren
cara-daftar-ptc-dengan-klik-iklan-dapat duit
cara-daftar-sitemap-blog-ke-google
cara-disable enable-windows-7
cara-ganti-foto-profil-dengan-foto sendiri
cara-ganti-start-menu-windows-8-seperti win7
cara-instal-tuneup-utilities-2013
cara-instal-dan-mengaktifkan-kamera laptop
cara-kolase-foto-facebook-via online
cara-melihat-ip-jaringan-di-komputer
cara-melihat-mengetahui-ip-address
cara-memasang-video-youtube-di-blog
cara-membuat-e-book-keren-ekstensi-chm
cara-membuat-file-iso-dengan-ultra-iso
cara-membuat-hotspot-wifi-laptop-via cmd
cara-membuat-hotspot-wifi-di-laptop
cara-membuat-icon-file-ico-dengan photoshop
cara-membuat-isi-halaman-tidak-bisa-di copy
cara-instal-nero-2016-platinum-full

1 komentar: