Sabtu, 15 Juli 2017

Memperbaiki/mempertajam foto kurang jelas via photoshop

Dengan photoshop, kita bisa memperbaiki/mempertajam foto yang kurang jelas atau underexposure. Biasanya foto yang diambil dengan pencahayaan yang tidak baik, kwalitas kamera yang tidak bagus dan faktor lainnya membuat hasil foto menjadi tidak memuaskan. Gradasi warna jadi kurang kuat, buram dan detailnya tidak bagus. Kondisi ini masih bisa diperbaiki dengan menggunakan adobe photshop, agar hasil foto terlihat lebig bagus. Berikut cara mudah memperbaiki foto yang kurang jelas via photoshop

Cara memperbaiki foto yang kurang jelas via photoshop. Meskipun hasilnya tidak bisa sempurna banget, namun paling tidak bisa mempertajam/memperhalus foto yang anda miliki. Foto yang buram biasanya dihasilkan dari kamera yang resolusi-nya yang tidak memadai, seperti kamera HP, dll dan juga pencahayaan yang minim. Kondisi ini membuat foto jadi underexposure gambar kurang tajam/kurang detail. Cobalah trik berikut untuk memperbaikinya, jika perlu dipadu dengan trik lainnya untuk hasil lebih bagus.

Cara memperbaiki foto yang kurang jelas via photoshop:

Buka fotonya via photoshop, selanjutnya hilangkan gembok pada layer background (foto yang baru dibuka tadi). Caranya cukup double click pada layer tersebut lalu OK.


Sekarang ke menu bar, pilih tab image > adjustmenet > Exposure...Pada jendela yang muncul geser slider satu persatu untuk mendapat hasil terbaik > OK


Selain cara diatas anda masih bisa menggunakan fasilitas lainnya, tetapi ini tidak mutlak dilakukan, karena tergantung dari kondisi foto itu sendiri, jadi silakan coba-coba saja sendiri.

Cara lain misal seperti berikut (sekali lagi, ini tidak mutlak):

Klik lagi tab Image > adjustment > shadow/highlight.

Nah, pada jendela form shadow/ highlight yang muncul, lakukan perubahan/adjustment dengan menggeser slider-nya sesuai keinginan anda/menyesuaikan dengan kondisi foto , misal contoh: Amount: 10 dan highlight: 0 (ukurannya tidak mutlak), jika sudah klik OK.

Selanjutnya buat duplikasi layer tersebut dengan cara tekan tombol Ctrl+J (atau klik kanan pada layer > duplicate layer).

Sekarang anda aktifkan (klik) pada layer copy hasil duplikat tadi (yang atas), kemudian ganti blending mode-nya menjadi screen. Masih pada posisi layer copy, lalu anda atur persentasi FILL silakan sesuaikan dengan kondisi foto yang underexposure tsb hingga hasil paling bagus.


Selain dua cara diatas masih banyak fasilitas lainnya yang bisa anda coba (semua masih di Image > adjustment) yaitu yang diberi tanda kotak seperti gambar dibawah ini.


Nah, jika semua sudah OK langkah berikutnya adalah menggabungkan 2 layer tadi, caranya klik menu Layer, lalu pilih flatten image (merge down juga bisa).

Setelah layer digabungkan sekarang silakan Save/simpan, (File > save). Atau jika ingin menyimpan foto tersebut menjadi foto yang baru (yang asli tetap ada) pilih File > save as > JPG > OK.

HASIL 


Cara menghaluskan wajah/foto dengan photoshop

Anda sebenarnya masih bisa memperbaiki, memperhalus foto menjadi lebih baik lagi silakan baca kumpulan tutorial photoshop lainnya di blog ini, sekian trik memperbaiki/mempertajam foto yang kurang jelas menggunakan photoshop, semoga bermanfaat.

Cara-menghaluskan-wajah photoshop
Membuat-poster-minuman-dengan-photoshop
Kumpulan-tutorial-photoshop
Cara-mengganti-background-pas-foto
Cara-membuat-efek-tembus-pandang
Cara-membuat-efek-glassy-pada-tulisan
Cara-membuat-efek-air-pada-tulisan
Cara-membuat-efek-3d-transparant-glass-text
Cara-membuat-efek-smooth-glass-teks
Cara-membuat-efek-glossy-teks
Cara-seleksi-rambut-secara-detail
Cara-membuat-efek-lipatan-teks
Cara-membuat-pelangi-pada-gambar
Cara-menempelkan-gambar-pada-tulisan
Cara-memutihkan-gigi-pada-foto

3 komentar:

  1. Situs Taruhan kartu online yang sedang trend di Indonesia
    BonsaiQQ

    BalasHapus

  2. Yuk Gabung di NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000
    *Meyediakan Deposit pulsa XL & TELKOMSEL

    Memegang Gelar atau title sebagai Agen BandarQ Terbaik di masanya

    9 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NagaQQ
    Facebook : Facebook
    WHATSAPP : +855977509035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BalasHapus