Minggu, 06 September 2015

Trik membuat efek lipatan teks dengan photoshop

Trik photoshop cara membuat efek lipatan huruf atau teks. Sebuah trik manipulasi yang membuat efek teks/huruf seperti dilipat dengan bayangan yang terlihat riil. Tidak terlalu sulit tetapi butuh ketelitian dalam membuat efek lipatan teks ini, agarnya hasilnya tampak nyata.

Trik membuat efek lipatan pada teks atau tulisan menggunakan adobe photoshop. Untuk mempermudah dalam belajar  trik ini, silakan buat semua sama dulu dengan trik tutorial ini, setelah lancar silakan buat sesuai keinginan anda.

1. Langkah pertama, kita membuat new layer (file > new). Dalam hal ini silakan membuat layer yang beresolusi bagus misalnya 300 Pixels/Inch dan ukuran yang lebar agar kualitasnya juga OK (ukuran laptop).

2. Setelah layer terbuka, selanjutnya kita buat warna background layer dengan warna foreground menjadi #e5cc70 (klik di foreground lalu tulis #e5cc70), klik OK, lalu tekan Alt + Backspace untuk menerapkan di canvas kerja.

3. Tekan Ctrl + J untuk membuat duplikat layer, kemudian beri layer style Gradient overlay dengan cara dobel klik pada layer baru hasil duplicate tadi dan klik di tulisan gradient overlay.

4. Klik Type tool pada toolbox sebelah kiri,  pilih font Arial dengan ukuran -+400 point, pilih warna #383019. Ketik teks yang akan dibuat efek lipatan, lalu pilih Layer > Rasterize > layer (gambar menjadi bitmap).

5. Pilih Poligonal lasso tool, lalu buat seleksi pada teks yang ingin dibuat sebagai lipatan seperti gambar berikut.

6. Duplikat layer (tekan Ctrl + J) maka muncul layer baru diatas layer b yang berisikan objek hasil seleksi yang anda buat sebelumnya dengan Poligonal lasso tool tadi.

7. Selanjutnya rubah warna lipatan menjadi Abu-abu melalui menu Image > Adjustment > Hue/Saturation dan atur parameter sbb: Saturation -100 dan Lightness +65.

8. Klik menu Edit > Free transform, kemudian klik kanan pada canvas kerja, pilih Flip Horizontal. Selanjutnya rotate gambar agar posisinya menjadi tepat/pas.

9. Pilih di layer b yang kita buat tadi, lalu klik icon Add layer mask. Masking dengan brush tool dengan warna foreground hitam, brush hingga bagian yang akan dihapus menjadi hilang  (tips: anda bisa pakai bantuan poligonal lasso tool untuk membuat seleksi batas lurus di lipatannya, lalu brush didalam area seleksi) lihat gambar.

10.Selanjutnya kita buat efek pada lipatan agar tampak real. Klik 2x di layer lipatan (b), maka akan muncul jendela layer style + blending options.
11.Pada jendela layer style/blending options, klik di tulisan Gradient Overlay, lalu putar jarum angle, atur scale-nya hingga mendapat hasil yang pas.

12.Lanjutkan, klik di tulisan drop shadow geser tombol slidernya satu persatu hingga mendapat hasil efek yang anda inginkan.

13.Buat layer baru, (layer > new > layer). Kemudian klik lagi di layer > create clipping mask. Brush dengan lembut (pilih soft round…) dengan warna putih dan opacity 35%. Anda juga bisa atur ulang lagi di blending options diawal untuk menyesuaikan lagi hasilnya.

HASILNYA SEPERTI BERIKUT


Jika anda membuat beberapa huruf/tulisan maka setelah edit selesai pada satu huruf lakukan dahulu pembuatan group sebelum melangkah ke huruf berikutnya (untuk memudahkan mengeditnya kembali). Cara klik semua layer pembuat huruf yang anda buat tadi dengan menekan tombol Ctrl dan memilih satu persatu layer, lalu tekan Ctrl + G untuk membuat group lalu rename.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba trik cara membuat efek lipatan teks dengan photoshop.

1 komentar: