Minggu, 28 Agustus 2016

Cara Membuat sendiri CD/DVD Instaler Windows dengan Nero

Belum tahu cara membuat CD/DVD Instaler Windows menggunakan Nero Burning Room? Ya, jika belum silakan masuk ke blog saya ini yang akan memberikan tutorial cara membuat CD/DVD Instaler Windows yang bootable 100%. Selama anda mengikuti langkah dengan benar dengan alat/bahan yang masih bagus, maka untuk membuat sendiri CD/DVD Instaler Windows siap pakai pasti berhasil.

Cara Membuat CD/DVD Instaler Windows menggunakan Nero Burning Room. Sebelumnya pastikan dulu perangkat anda masih bagus, seperti DVD Room, software Nero Burning Room dan keping DVD. Selain itu File windows (ISO) anda juga harus sehat tidak ada yang korupt dan sebagainya, jika sudah kita mulai langkah cara membuat CD/DVD Instaler Windows bootable via Nero Burning Room. Saya sarankan, gunakan keping DVD saja (bukan CD).

Langkah Membuat CD/DVD Instaler Windows via Nero Burning Room:

1. Siapkan file ISO windows anda dan keping DVD (DVD-R) kosong.

2. Buka Nero Burning Room, lalu masuk ke New Compilation (biasanya saat membuka Nero, akan langsung membuka jendela New Compilation).

3. Jika belum terbuka silakan klik Tab New, setelah terbuka, klik tab CD/DVD dan pilih DVD. Lalu di pilihan dibawahnya, pilih DVD-ROM (Boot) atau silakan lihat gambar berikut.


4. Perhatikan disisi sebelahnya, pada tab Boot pastikan opsi Image file terseleksi dan mengarah ke file DosBootimage.IMA

5. Jika sudah, klik Open (dibagian bawah) kemudian cari dimana file windows (ISO) anda tersimpan, lalu klik Open.

6. Akan muncul jendela Burn Compilation, lalu buat pengaturan seperti gambar berikut. Pada write speed boleh 8x atau maximum.


7. Selanjutnya klik tombol Burn, jika DVD anda belum dimasukkan, maka akan muncul peringatan seperti gambar ini, silakan anda masukkan disknya.


8. Setelah disk dimasukkan, maka CD-room akan mendeteksi dan Program Nero akan otomatis membaca lalu memprosesnya, silakan tunggu saja hingga selesai, bisa hingga beberapa menit tergantung write speed yang anda pilih.

9. Pilihan write speed tidak boleh melebihi nilai speed yang tertulis pada disk. Misal di disk anda tertulis 1-16x speed, maka maksimal speed adalah 16x. Saya pilih 8x saja agar hasil lebih aman dan berhasil, speed yg terlalu besar kadang bisa gagal di tengah jalan.

10. Setelah selesai (completed), biasanya disk akan keluar sendiri. Silakan masukkan kembali DVD nya jika ingin di uji coba dengan me-restart dan booting melalui DVD anda. Atau jika tidak anda bisa cek saja di jendela explorer (tekan logo windows + E), jika disk drive mendeteksi keberadaan disk (disk terbaca)  maka disk tersebut bootable.

Untuk lebih pastinya anda ujicoba dulu sampai jendela instalasi windows-nya muncul, setelah itu anda bisa batalkan (close). Sekian tips dari saya cara membuat CD/DVD Instaler Windows menggunakan Nero Burning Room semoga cukup jelas dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar